Origami Terumit dari Sang Master of Origamist

Sudah pernah mendengar Origami? yup!, seni melipat kertas dari Jepang ini sudah kita kenal sejak dari jaman anak - anak. Mulai dari bentuk sederhana seperti kapal atau pesawat terbang sampai bentuk yang menurut kita sudah cukup rumit..(sebenernya sih, menurut saya...hehehe)

Ok, bagi yang penasaran sejarah dan definisi yang benar tentang seni Origami ini, berikut saya coba ambilkan kutipan dari wikipedia mengenai Origami :

“ Origami adalah sebuah seni lipat yang berasal dari Jepang. Bahan yang digunakan adalah kertas atau kain yang biasanya berbentuk persegi. Sebuah hasil origami merupakan suatu hasil kerja tangan yang sangat teliti dan halus pada pandangan.

Origami merupakan satu kesenian melipat kertas yang dipercayai bermula sejak kertas diperkenalkan pada abad pertama di zaman Tiongkok kuno pada tahun 105 Masehi oleh Ts'ai Lun.

Pembuatan kertas dari potongan kecil tumbuhan dan kain berkualitas rendah meningkatkan produksi kertas. Contoh-contoh awal origami yang berasal dari Tiongkok adalah tongkang (jung) dan kotak.

Pada abad ke-6, cara pembuatan kertas kemudian dibawa ke Spanyol oleh orang-orang Arab. Pada tahun 610 di masa pemerintahan kaisar wanita Suiko (zaman Asuka), seorang biksu Buddha bernama Donchō (Dokyo) yang berasal dari Goguryeo (semenanjung Korea) datang ke Jepang memperkenalkan cara pembuatan kertas dan tinta.

Origami pun menjadi populer di kalangan orang Jepang sampai sekarang terutama dengan kertas lokal Jepang yang disebut Washi.”

Dalam perkembangannya, origami kemudian menjadi sangat terkenal di dunia. Bahkan pada beberapa pre-school, origami telah dijadikan sebagai materi kurikulum yang konon dapat merangsang perkembangan otak kanan.
Nah, kalau kita berpikir bahwa origami itu hanya terbatas bentuknya dan hanya untuk anak kecil, tunggu sampai anda berkenalan dengan Satoshi Kamiya, seorang kebangsaan Jepang yang sangat mencintai seni origami. Kecintaannya pada seni origami, tidak hanya sebagai pengagum. Satoshi juga menciptakan berbagai jenis origami yang sangat rumit dan menakjubkan.
Karya - karyanya yang menakjubkan inilah yang kemudian mengantarkannya untuk menyandang gelar sebagai Master of Origammist

Inilah beberpa karya sang Master yang akan membuat anda berdecak kagum :






Bagaimana menurut anda? Layakkah Satoshi Kamiya disebut sebagai the Master of Origamist? Kalau anda masih penasaran dengan karya Satoshi yang lain, silahkan kunjungi websitenya di http://www.folders.jp/ (bahasanya jepang nih...)

Posted in Title: |

0 komentar: