Terrafugia, Sebuah Solusi Kemacetan Jakarta


Anda mungkin sudah sangat merasa jengah dengan kemacetan yang terjadi setiap hari di Ibukota tercinta ini. Waktu yang terbuang, bahan bakar yang menguap dengan percuma, dan banyak kerugian – kerugian lain yang ditimbulkan dari fenomena yang sudah berlangsung pada 1 dekade terakhir tersebut.

Lantas, kira – kira apa solusi yang seharusnya diterapkan oleh pemerintah? Banyak alternatif yang ditawarkan, mulai dari BusWay, Water Way, hingga Proyek Monorail yang sampai sekarang belum jelas juntrungannya itu. Semua seakan tidak berdaya menghadapi musuh kita bersama :kemacetan. Namun, jangan buru – buru putus asa. Mulai tahun 2012 anda mungkin tidak akan merasakan lagi yang namanya macet. Bahkan perjalanan mudik kala lebaran pun, tidak lagi menjadi sebuah ‘penderitaan’.


Perkenalkan, Terrafugia. Sebuah inovasi baru dari perusahaan yang bernama Aerocar of Longview. Terrafugia adalah sebuah kendaraan yang menggaplikasikan konsep transisi dan menggabungkan antara teknologi mobil dengan teknologi pesawat. Konsep kendaraan inilah yang kemudian dinamakan sebagai ‘roadable aircraft’. Sebenarnya, konsep mobil terbang ini telah lama dikembangkan oleh perusahaan ini. Pada tahun 1949, perusahaan ini telah memproduksi 6 buah prototype. Namun karena berbagai alasan, prototype tersebut, kini hanya menjadi benda pajangan koleksi museum perusahaan.

Melihat kebutuhan pasar yang semakin bersahabat dengan inovasi baru ini, Terrafugia rencananya akan dipasarkan secara massal pada tahun 2012. Dengan banderol harga sekitar USD 194.000, mobil ini diyakini sebagai impian semua orang sejak diperkenalkannya mobil dan pesawat terbang.

Cara kerjanya pun cukup sederhana. Anda hanya akan memerlukan landasan sepanjang 500 meter untuk dapat menerbangkan mobil ini. Cara pengoperasiannya pun tidaklah serumit pesawat komersial pada umumnya. Pada posisi transformasi dari model berkendara (mobil) menjadi model penerbangan, panjang mobil akan menjadi 19 kaki dan lebarnya bertambah 80 inchi, dengan menggunakan 6 kaki sebagai roda, setinggi 9 inchi. Total dari wingspan-nya sendiri menjadi 27 kaki, 6 inchi. (wow, udah kaya filem transformer ya..hehe)

Tapi, anda harus siap – siap mengambil les penerbangan dulu dari sekarang. Karena salah satu syarat mutlak untuk dapat membeli Terrafugia, anda harus mendapatkan Pilot Lisence terlebih dahulu.

Memang ada beberapa kelemahan dari Terrafugia ini. Jarak yang dibutuhkan untuk lepas landas maupun mendarat, tidaklah mudah ditemukan pada kota - kota besar yang padat. Untuk itulah, para ilmuwan yang menyempurnakan 'mobil terbang' ini, kini sedang manggagas untuk membuat mobil serupa dengan system ' take off ' dan ' landing ' yang mengadopsi system yang digunakan oleh Helicopter.
Bagaimana? Anda tertarik untuk memboyongnya ke garasi rumah anda? Cukup siapkan USD 194.000 (kira – kira Rp. 1.940.000.000,- dengan asumsi kurs Rp. 10.000/USD) dan Terrafugia akan siap membebaskan anda dari kemacetan Jakarta.

Posted in Title: |

0 komentar: